Tips Bagi Fotografer Saat Menentukan Harga Foto Kepada Calon Klien
Mencari penghasilan dari dunia fotografi
merupakan sebuah penghasilan tambahan yang saat ini banyak dilakukan oleh para
fotografer professional dari berbagai kalangan, misalnya seorang jurnalis media
cetak, jurnalis stasuin TV dan masih banyak lagi para wartawan dari berbagai
media. Banyak fotografer profersional yang mengeksplorasi keahliannya di dunia
fotografi untuk menghasilkan pendapatan tambahan juga merupakan sebuah tindakan
cerdas yang bukan hanya untuk mencari penghasilan semata, tapi juga dengan cara
tersebut maka para professional dapat menambah relasi serta pengalaman yang
semakin bertambah.
Di era digital fotografi yang sangat
maju dan berkembang seperti sekarang ini, banyak sekali fotografer-fotografer
dari berbagai jenis dan berbagai tariff. Tak salah rasanya yang menjadi pembeda
antara fotografer professional dan amatir adalah harga atau tarif.
Bukan tarif saja biasanya yang
menjadi pembeda antara fotografer professional dan amatir, perbedaan biasanya
juga terletak pada kualitas foto yang dihasilkan. Dengan banyaknya pengalaman
yang dimiliki oleh para fotografer professional seperti seorang jurnalis atau
fotografer dari sebuah media ternama. Maka jelas mereka memiliki pengalaman
yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan para fotografer amatir.
Nah setelah membaca sedikit
penjelasan diatas mungkin ada merasa berada diposisi mana? Apaah anda seorang
fotografer professional bertarif tinggi atau anda seorang fotografer amatir
yang bertarif biasa saja???
Menentkan tarif jasa fotografi saat
ini menjadi hal utama bagi para fotografer untuk mencari dan mendapatkan klien.
Untuk mendapatkaan klien atau para konsumen dari jasa fotografi biasanya para
fotografer memiliki tarif tersendiri dalam berbagai paket. Mulai dari paket yang
biasa saja sampai kepada paket yang banyak memberikan penawaran yang sangat spesial
Pada kesempatan kali ini saya akan
menjelaskan bagaimana cara anda agar dapat mentukan tarif yang proposional
untuk para klien anda sebelum anda memberikan penawaran. Berikut cara
menentukan harga foto kepada calon klien.
Mencari informasi profil klien
Sebelum anda membuat janji untuk
bertemu dengan calon klien guna membahas tarif jasa fotografi anda sekaligus memperlihatkan
portofolio yang telah anda susun dengan rapi dengan berbagai paket dan tariff,
sebaiknya anda mengetahui profil dari seorang klien tersebut. Trik ini dinilai
sangat berguna dan telah banyak dipakai dari berbagai fotografer agar si
fotografer tau sejauh mana tingkatan finansial atau keuangan calon klien dalam melihat
penawaran yang kita sajikan.
Memiliki Beberapa Portofolio Fotografi
Setelah anda mengetahui profil dari
calon klien, maka langkah selanjutnya adalah memperlihatkan portofolio yang
anda miliki. Karena anda telah mengetahui profil dan tingkatan finansial dari
calon klien, disini anda dapat menentukan portofolio mana yang dapat anda
gunakan.
Untuk calon klien dengan tingkatan
finansial yang baik, sebaiknya anda memperlihatkan paket atau penawaran hara
yang cukup besar, disinilah anda dapat memperlihatkan jika anda benar-benar
seorang fotografer berkelas dengan tarif serta paket yang tidak kalah dengan
fotografer professional lainnya. Jika anda ingin menggunakan cara seperti ini
disarankan anda memang seorang fotografer professional yang memang telah banyak
berbengalaman serta memiliki portofolio yang berkualitas. Portofolio atau
koleksi foto dan tariff anda harus benar-benar layak untuk memiliki tarif
tinggi dan profesional.
Untuk calon klien dengan tingkatan
finansial yang biasa saja, sebaiknya anda tidak memberikan paket atau penawaran
harga yang tinggi, klien seperti ini biasanya lebih mengutamakan harga dan tarif
dari paket yang anda miliki. Berusahalah membuat klien seperti ini nyaman
dengan memberikan berbagai macam paket promo serta potongan-potongan harga yang
anda miliki. Sehingga anda akan menemukan jalan tengah berapa ia akan membayar
anda. Trik seperti ini biasanya dilakukan agar si calon klien tidak mengikat
kontrak kerjasama atau membatalkan rencana memakai jasa fotografi anda.
Memiliki gaya bahasa yang baik atau komunikatif
Sama halnya dengan seorang marketing
dari berbagai produk, seorang fotografer harus komunikatif atau pandai
berkomunikasi kepada calon klien. Dengan anda komunikatif maka calon klien akan
merasa nyaman. Dengan demikian maka anda akan leluasa memproposikan jasa
fotografi anda kepada calon klien.
Cara ini juga termasuk hal terpenting
pada saat anda mempresentasikan portofolio serta tarif yang anda miliki kepada
calon klien. Seorang fotografer yang ramah, sopan santun biasanya akan cepat
akrab kepada calon klien sehingga rasa nyaman akan membuat suasana presentasi menjadi lebih
baik.
Nah itulah tadi beberapa cara bagi
anda yang membutuhkan informasi bagaimana cara anda menentukkan tarif untuk
jasa fotografi yang anda miliki.
Untuk dapat terus bertahan di
persaingan fotografi saat ini anda tidak hanya dituntut untuk kreatif dalam hasil
karya foto tapi juga berpikiran kreatif dalam mempromosikan tarif anda kepada
calon klien.
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk
anda seorang fotografer, anda dapat berkomentar tentang konten ini pada space
komentar dibawah. Komentar dan masukan anda akan sangat bermanfaat untuk
website ini kedepannya.. terimakasih.
Waa bgus bnget tip ny dan bermanfaat bnget trmksih ya udah buat kan tips ni
ReplyDeletemaksih gan.. semoga bermanfaat
ReplyDelete