TIPS SUKSES PADA PERSAINGAN FOTOGRAFI
TIPS SUKSES
PADA PERSAINGAN FOTOGRAFI
Saat ini perkembangan teknologi, kamera digital dan
aksesoris yang berkualitas semakin bagus dan terjangkau, mejadi seorang
fotografer pun sekarang sangat diminati oleh banyak kalangan. Mulai dari yang
baru terjun didunia fotografi sampai yang telah lama berkecimpung pada
fotografi dan baru memulai mengkomersilkan fotografinya, kebanyakan fotografer semi-pro atau
profesional bermunculan bagaikan jamur di musim hujan. Dengan banyaknya
fotografer yang tersedia, maka rata-rata harga jasa foto tentunya semakin
rendah sesuai dengan hukum ekonomi. Jika dbandingkan dengan beberapa tahun
kebelakang saat ini tarif dibidang jasa fotografi bias dibilang sangat menurun.
Untuk bisa lepas dari jeratan ini, fotografer pro harus mempunyai strategi dan
trik yang bagus untuk memenangkan persaingan di promosi.
Perencanaan strategi berkaitan dengan rencana jangka
panjang, seperti pencitraan/branding, sedangkan taktik berkaitan dengan rencana
jangka pendek, seperti promosi, menawarkan foto dengan efek khusus, lokasi atau
pakaian yang langka, dan taktik lainnya.
baca juga (tips memilih fotografer)
Yang banyak dilupakan oleh fotografer semi-pro atau pro
adalah branding, padahal ini paling penting untuk bertahan di jangka panjang.
Branding atau pencitraan adalah semua detail dari usaha fotografi Anda.
Bagaimana pembawaan diri, packaging, gaya fotografi, keunikan olah digital,
pelayanan dan sebagainya. Tujuan branding adalah supaya calon pengantin bisa
membedakan antara jasa yang Anda tawarkan dengan saingan yang lain. Dan yang
paling penting adalah mengetahui
kelebihan jasa fotografi Anda dan bersedia membayar lebih tinggi daripada
pesaing.
Karena persaingan yang ketat dengan sebagian besar
fotografer yang cenderung mau bekerja dengan honor yang sangat rendah, maka
sebaiknya dibuat perencanaan untuk tidak tergantung pada vendor catering/bridal
dll. Dengan strategi branding dan taktik yang kuat, usaha jasa fotografi Anda akan
lebih berkembang dan mandiri.
persaingan saat ini bisa dikataan semakin bersaing pada
harga yang sangat murah. Karena semakin murah jasa foto yang ditawarkan maka akan
semakin mudah mendapatkan konsumen. Tanpa melihat kualitas terbaik biasanya
konsemen hanya mematok pada harg yang ditawarkan. Mau tak mau sebagai
fotografer pro harus lebih kreatif memberikan promosi kepada klien. Misalnya dengan
menggunakan gallery foto yang berbeda dengan menggunakan website sebagai wadah
promosi agar terlihat simple dan elegan.
Kesimpulan:
- Jangan bergantung kepada vendor catering/bridal saja, cobalah lebih mandiri dengan berupaya mencari klien baru sendiri.
- Harus selalu berupaya meningkatkan kualitas dan lebih kreatif untuk mengembangkan kualitas foto, baik dari segi teknis maupun artistik dari waktu ke waktu.
- Tingkatkan upaya networking, marketing khususnya promosi dan branding, dan gunakan berbagai kanal seperti pertemanan, saudara, dan media (baik cetak maupun internet).
Bukan
hal yang gampang untuk membalikkan honor yang kecil menjadi besar dalam
sekejab. Dibutuhkan perencanaan yang matang, peningkatan kualitas yang terus
menerus dan yang sering dilupakan yaitu dibutuhkan waktu.
Semoga
sukses!
0 Response to "TIPS SUKSES PADA PERSAINGAN FOTOGRAFI"
Post a Comment